Menciptakan Brand yang Jadi Tren Setter
Kami ber-KOMITMEN..memberikan LAYANAN yang TERBAIK untuk ke-SUKSES-an USAHA.. kita bersama.. !

Menciptakan Brand yang Jadi Tren Setter

Gaya hidup selalu bergerak dan berkembang sesuai dengan apa yang terjadi pada saat itu. Tren menjadi kata kunci bagi masyarakat untuk dapat menyesuaikannya.

Bagi sebuah bisnis, tren menjadi sangat penting karena hal itulah yang menentukan keputusan pembelian bagi konsumen. Suatu brand bisa menjadi sangat laris dikarenakan sedang trendi, namun di kala lain bisa sebaliknya karena telah tertinggal oleh tren. Melihat hal itu, maka sangat penting bagi sebuah brand untuk dapat memiliki kemampuan dalam menciptakan tren tersendiri. Kini yang menjadi sebuah pertanyaan besar adalah: Bagaimana caranya agar sebuah brand dapat menciptakan tren? Salah satunya adalah dengan mengintip masa depan.

Mengintip masa depan mungkin memang terdengar sebagai suatu hal yang tak mudah untuk dipahami. Bukan pula berarti brand harus berurusan dengan dunia klenik untuk menerawang menembus waktu. Yang diperlukan hanyalah sebuah kejelian untuk melihat pergerakan dari masyarakat. Salah satu brand yang jeli dalam menciptakan tren untuk masa mendatang dan menerapkannya ke dalam komunikasi adalah MasterCard. Anda pasti ingat dengan kampanye komunikasi priceless yang mereka gaungkan.

Dalam komunikasi tersebut, MasterCard menekankan bahwa produk atau jasa apa pun yang dibeli oleh konsumen (tentunya dengan menggunakan MasterCard sebagai metode pembayarannya) adalah bukan sekedar barang dengan label harga tertentu. Namun yang terpenting menurut MasterCard adalah kisah di balik transaksi atau pengalaman di dalamnya yang tak ternilai harganya alias priceless.

Bersiaplah untuk kaget saat mengetahui kampanye komunikasi MasterCard tersebut dimulai sejak 16 tahun yang lalu. Ya, MasterCard memulainya sejak tahun 1997. Pada saat itu, konsumen masih belum peduli dengan nilai-nilai emosional dalam sebuah produk. Mereka masih melihatnya hanya sebagai barang semata. Namun, MasterCard dengan kemampuan forecasting yang dimiliki oleh tim pemasarannya memprediksi bahwa ke depannya masyarakat dunia tidak lagi terjebak pada hal-hal tangible atau bersifat materiil, akan tetapi lebih kepada hal-hal emosional yang menyentuh jiwa.

Mereka pun mencoba menciptakan tren melalui kampanye komunikasi priceless tersebut. Terbukti dengan situasi masa kini di mana memang masyarakat sudah lebih memilih segala sesuatu berdasarkan perasaan, MasterCard pun pada akhirnya sukses menciptakan tren melalui identifikasi kebiasaan masyarakat dan menjadikan dirinya sebagai sebuah brandyang ikonik. Menilik kesuksesan MasterCard tersebut, ada beberapa hal yang bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi sebuah brand untuk dapat menciptakan tren.

Yang pertama adalah mengenal siapa konsumen dari brand tersebut. Untuk dapat memprediksi perubahan pada masyarakat, sebuah brand harus mengidentifikasi terlebih dahulu mengenai konsumennya. Siapa pun itu, setiap lapisan masyarakat memiliki kepribadian umumnya masingmasing. Dengan mengenal baik karakter dari konsumen, sebuah brand dapat mudah menyesuaikan dirinya dan menjadi semakin dekat dengan mereka.

Kedekatan secara emosional yang terbangun di antara brand dan konsumen akan memudahkan branduntuk dapat menggerakkan konsumennya melalui tren apa pun yang diciptakan. Mengapa? Karena telah ada keterikatan antara branddan konsumen sehingga konsumen percaya dengan apa pun yang disampaikan oleh brandtersebut. Selain itu, penting juga bagi sebuah brand untuk mendekatkan diri dengan kehidupan sosial dari konsumennya.

Berdasarkan sebuah studi yang diterbitkan oleh Crowdtap, 92 persen dari keputusan pembelian seseorang dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Oleh karenanya, melihat perkembangan lingkungan sosial konsumen secara makro bisa menjadi salah satu langkah yang cukup efektif dalam mengantisipasi pergerakan pola konsumsi dari konsumen di masa mendatang.

*) Disarikan dari artikel Daniel Surya, Chairman & president South East Asia, DM ID HOLLAND dan Primo Rizky, Senior Brand Consultant, DM ID HOLLAND di Koran Sindo.

 

Sumber : http://www.ciputraentrepreneurship.com/penjualan-dan-pemasaran/menciptakan-brand-yang-jadi-tren

admin -

Leave a Reply

%d bloggers like this: