Perbedaan antara Direct Selling & Multilevel Marketing (MLM)
Kami ber-KOMITMEN..memberikan LAYANAN yang TERBAIK untuk ke-SUKSES-an USAHA.. kita bersama.. !

Perbedaan antara Direct Selling & Multilevel Marketing (MLM)

Definisi Direct Selling

Direct selling atau penjualan langsung adalah kegiatan pemasaran dan penjualan produk langsung ke konsumen dalam lingkungan non-ritel.

Pada direct selling (penjualan langsung), penjualan terjadi di rumah, di tempat kerja atau di lokasi non-toko lainnya.

Sistem ini diadopsi untuk menghilangkan sebagian besar perantara seperti pusat distribusi regional atau grosir yang terlibat dalam distribusi produk.

Dalam direct selling (penjualan langsung), produk didistribusikan dari produsen ke perusahaan penjualan langsung untuk kemudian dijual ke konsumen.

Produk yang dijual melalui penjualan langsung sering tidak ditemukan di toko ritel, yang berarti mencari distributor adalah satu-satunya metode untuk membeli suatu produk atau jasa.

Jangan kacaukan antara direct selling (penjualan langsung) dengan direct marketing (pemasaran langsung).

Direct selling adalah ketika penjual individu menjangkau konsumen secara langsung, sedangkan direct marketing adalah ketika perusahaan memasarkan langsung ke konsumen, tanpa melalui distributor atau perantara lain.

Jenis Direct Selling

Terdapat berbagai metode yang bisa dilakukan sebuah bisnis atau perusahaan dalam menjalankan direct selling. Berikut diantaranya:

– Single-level Direct Sale

Jenis penjualan ini dilakukan satu-satu (one on one), seperti dari pintu ke pintu atau dengan melakukan presentasi perorangan.

Dengan munculnya internet dan media sosial, penjualan dapat dilakukan menggunakan sarana tersebut. Umumnya pendapatan diperoleh hanya dari komisi penjualan.

– Hostess atau Party Plan

Penjualan ini dilakukan dalam grup, biasanya melibatkan tenaga pemasar, distributor atau perwakilan perusahaan dalam melakukan presentasi kepada sekumpulan orang.

Pendapatan dari bisnis model ini berasal dari komisi penjualan, dan kadang-kadang melalui perekrutan tenaga pemasar lain.

– Multilevel Marketing (MLM)

Penjualan dalam multi-level marketing dapat dilakukan dalam berbagai metode, termasuk presentasi tunggal atau grup, serta melalui toko online dan katalog.

Pendapatan yang diperoleh melalui MLM adalah komisi penjualan serta penjualan yang dilakukan oleh mitra bisnis (tenaga pemasar) lainnya yang berhasil direkrut.

Kadang-kadang direct sale (penjualan langsung) disebut sebagai MLM atau network marketing.

Sementara MLM dan network marketing termasuk dalam kategori direct sale, namun tidak semua direct sale melibatkan MLM.

Misalnya, dalam single-level marketing distributor hanya mendapatkan komisi pada penjualan pribadi yang berhasil dilakukan (bukan MLM).

Apakah Direct Sale Legal dan Layak Dilakukan?

Direct sale merupakan bisnis yang legal dan layak dilakukan, terutama jika tidak melibatkan skema piramida.

Selain itu, perusahaan direct sale juga harus memiliki produk nyata yang memiliki manfaat, tidak sekedar berfokus pada merekrut anggota baru.

Komisi yang diperoleh oleh direct sale atau MLM juga harus berdasarkan pada penjualan produk atau jasa yang dilakukan, bukan semata-mata mendapatkan komisi karena berhasil merekrut anggota baru.

Cara Memilih Perusahaan Direct Sale yang Baik

Terdapat beberapa faktor yang harus dipertimbangkan saat menjatuhkan pilihan pada perusahaan direct sale yang tepat. Berikut diantaranya:

1. Carilah perusahaan yang memiliki produk atau layanan yang Anda kenal dan sukai.

Jika tidak menyukai produknya, maka Anda akan kesulitan dalam menjualnya.

2. Periksa apakah suatu perusahaan direct sale menjadi anggota Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) (www.apli.or.id/).

Perusahaan yang terdaftar dalam APLI berarti merupakan perusahaan yang teregulasi dan harus menaati kebijakan serta kode etik berbisnis yang baik di Indonesia

3. Anda memahami dan dapat menerima rencana kompensasi yang ditawarkan.

Banyak perusahaan penjualan langsung membayar Anda untuk berbagai hal termasuk komisi pada Anda dan tim Anda serta bonus karena mencapai target tertentu.

Sering, komisi akan semakin meningkat seiring bisnis Anda yang semakin berkembang.

4. Anda memahami dan bersedia mengikuti rencana pemasaran (marketing plan).

Perusahaan penjualan langsung (direct sale) biasanya sudah memiliki sistem pemasaran standar yang langsung bisa diterapkan oleh anggotanya.

admin -

Leave a Reply

%d bloggers like this: