Sudahkah Anda Mengenal Teknik Pemasaran ‘Blue Ocean Strategy’
Kami ber-KOMITMEN..memberikan LAYANAN yang TERBAIK untuk ke-SUKSES-an USAHA.. kita bersama.. !

Sudahkah Anda Mengenal Teknik Pemasaran ‘Blue Ocean Strategy’

Blue Ocean Strategy merupakan salah satu konsep pemasaran yang biasa digunakan oleh para pengusaha pemula untuk meningkatkan penjualan

 

Dalam mengantisipasi kondisi persaingan bisnis yang semakin ketat memaksa para pelaku usaha untuk berlomba mencari strategi pemasaran yang lebih kreatif dan inovatif. Strategi yang digunakan tidak lagi sebatas strategi yang biasa dan umum, namun harus mengeluarkan jurus kreatif semaksimal mungkin, memanfaatkan peluang bisnis semaksimal mungkin bahkan bila perlu keluar dari zona nyaman agar dapat membuat gebrakan baru yang tidak pernah terpikirkan oleh kompetitor.

Salah satu contoh strategi yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan teknik Blue Ocean Strategy, lantas bagaimana menghadapi persaingan bisnis dengan Blue Ocean Strategy?

Dikutip dari situs www.wartawirausaha.com, strategi Blue Ocean pertama kali dipaparkan oleh  W. Chan Kim dan Renee Mauborgne. Strategi blue ocean mengajak pelaku usaha untuk mencari dan menggunakan pangsa pasar baru yang belum pernah dilirik maupun disentuh oleh orang lain maupun kompetitor. Pengusaha diajak untuk menghindari masuk kedalam kompetisi yang sudah penuh dengan persaingan.

Ada beberapa tips bagi anda yang ingin menggunakan strategi pemasaran blue ocean ini untuk menaklukkan persaingan di pasar yang telah penuh.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah menciptakan pangsa pasar baru yang belum pernah dilirik sama sekali. Misalnya saja anda dapat mengkombinasikan hobi anda menjadi sebuah tema pada bisnis utama yang dikemas menjadi sebuah peluang yang menarik perhatian.

Bobby Handojo Gunawan adalah salah satu yang berhasil menerapkan strategi bisnis seperti ini. Berbekal hobinya di bidang otomotif, Bobby berhasil mengembangkan bisnis caf dan resto yang ia beri nama Dream Cars Resto And Caf di Surabaya. Bobby tak segan-segan untuk menggunakan koleksi mobil tuanya sebagai  tempat makan bagi para konsumen. Konsep bisnis yang unik ini tentu saja menarik perhatian para pelanggan dan akhirnya caf dan resto milik Bobby ini selalu menjadi buah bibir dan akhirnya setiap hari restorannya selalu ramai dikunjungi.

Kemudian buatlah produk anda berbeda dari yang lain. Ciptakan produk baru yang unik dan belum pernah terpikirkan oleh kebanyakan orang.
Contohnya Rachman S Said yang berhasil menciptakan gebrakan baru di bidang kuliner karena keberhasilannya menciptakan mie dengan labu sebagai bahan utamanya. Alumni IPB Fakultas Teknologi Hasil Pertanian ini mampu menciptakan produk mie yang berbeda dan mungkin tidak pernah terpikirkan bahwa mie bisa dibuat dengan bahan labu. Keunikan inilah yang membuat Bumi (Labu Mie) menjadi dikenal, sehingga permintaan konsumen yang penasaran ingin mencicipi terus mengalami peningkatan.

berani bedaSelain itu gunakanlah slogan yang unik untuk menciptakan kesan khusus di hati pelanggan. Mungkin kebanyakan orang menganggap tagline hanya merupakan bagian dari iklan, namun tagline ini dibuat dengan tujuan jangka panjang, hingga dapat tertanam di hati para konsumen. Contohnya perusahaan yang mengusung tagline Im lovin it. Ya, dengan mengucapkan tagline itu saja, maka dapat dipastikan setiap orang yang mendengarnya akan langsung mengasosiasikannya dengan resto cepat saji McDonald.

Bagaimana dengan bisnis anda? Andapun dapat menerapkan strategi tersebut dengan salah satu syaratnya adalah bekal kreatifitas tinggi, berani ber-inovasi dan dare to be different! thats Blue Ocean Strategy! (bn)

 

Sumber : http://www.ciputraentrepreneurship.com/penjualan-dan-pemasaran/sudahkah-anda-mengenal-teknik-pemasaran-blue-ocean-strategy

admin -

Leave a Reply

%d bloggers like this: